Ringkasan Eksekutif

Fakultas Ilmu Olahraga merupakan salah satu dari 8 (delapan) fakultas yang ada di Universitas Negeri Jakarta, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 2.204 orang, 81 dosen dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS), 2 orang dosen tetap non PNS, 2 orang dosen dengan perjanjian kontrak, dan 63 orang tenaga administrasi (18 PNS dan 45 honorer).

Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta memiliki 5 (tiga) Program Studi, yang terdiri atas (1) Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, (2) Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, (3) Program Studi Ilmu Keolahragaan, (4) Program Studi Olahraga Rekreasi, dan (5) Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga.

Mengingat tuntutan perubahan yang sangat cepat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang ilmu olahraga, tuntutan masyarakat dan kebijakan pemerintah dalam pendidikan nasional serta tantangan global yang semakin kompetitif, mengharuskan Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta untuk mempersiapkan diri dalam merancang strategi rencana kerja yang kompetitif, unggul, kreatif, dan inovatif.

Strategi Rencana Kerja Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta tahun 2017-2021 disusun mengacu kepada evaluasi diri serta analisis kebutuhan dengan sasaran utama menjadikan Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta sebagai pusat pengembangan dan pembinaan olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing kompetitif, unggul, kreatif dan inovatif melalui proses dan sistem yang terbuka dan bersahabat dalam wujud kemitraan yang terpola, terukur serta berkesinambungan, didukung ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan untuk mewujudkan manusia olahraga Indonesia yang memiliki karakter dan kepekaan diri dengan iman dan taqwa.

Selanjutnya berdasar kepada sasaran utama tersebut, ditetapkan 6 (enam) unsur strategi rencana kerja Dekan Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta 2017 – 2021, yaitu:

  1. Peningkatan mutu manajemen fakultas sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang tertuang dalam rencana dan strategi Universitas Negeri Jakarta.
  2. Peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan kemahasiswaan
  4. Peningkatan capaian nilai akreditasi Program Studi di lingkungan fakultas.
  5. Peningkatan kerjasama dengan institusi lain, baik tingkat nasional maupun internasional yang relevan dengan pengembangan fakultas.
  6. Peningkatan atmosfir akademik, etos kerja, dan kesehatan organisasi fakultas.

Sesuai dengan enam unsur strategi rencana kerja tersebut, maka disusun rencana kerja Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta tahun 2017-2021 untuk mendukung ketercapaian visi, misi, dan tujuan Fakultas yang realistis dan berorientasi ke masa depan serta konsisten dengan perkembangan teknologi keolahragaan di Tanah Air yang sesuai dengan budaya dan nilai-nilai pendidikan tinggi.

Secara Lengkap, Platform Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta dapat di unduh disini