Tenaga Kependidikan

Tenaga kependidikan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta sebanyak 62 orang baik PNS maupun honorer. 30,65% tenaga administrasi dimiliki oleh fakultas dengan klasifikasi pendidikan yang beragam mulai dari S1, D3, hingga SMA/SMK, jumlah tenaga administrasi tergolong cukup secara kuantitatif dan kompetensi, yang ditempatkan baik di fakultas maupun program studi. Jumlah laboran yang dimiliki fakultas lebih sedikit dari jumlah laboratorium yang dimiliki fakultas yaitu 4 laboratorium, fakultas hanya memiliki seorang laboran yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan S1 dan telah diangkat menjadi PNS. Namun hal tersebut disiasati dengan tenaga teknisi yang merupakan utilitas sehingga laboratorium-laboratorium lain dapat menggunakannya. Semua tenaga baik administrasi dan laboran memiliki latar belakang pendidikan formal yang sesuai dengan penempatan tugasnya. Sebagai upaya fakultas dan program studi, maka sebagian besar dari tenaga tersebut sudah mendapat berbagai pelatihan pengelolaan baik yang bersifat laboratorium maupun administratif sesuai dengan tugasnya.

Fakultas sampai saat ini masih memiliki 14,52% tenaga kependidikan dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang tersebar dalam berbagai tugas diantaranya adalah pramu dan caraka. Tenaga kependidikan dengan kualifikasi pendidikan SD merupakan tenaga kependidikan yang telah bertugas di fakultas bertahun-tahun dan dalam satu atau dua tahun yang akan datang masuk kedalam masa pensiun. Di masa akan datang fakultas berencana merekrut tenaga kependidikan baru dengan kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan bidangnya untuk menggantikan tenaga kependidikan purnabhakti tersebut.

Untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, Kepala Bagian Tata Usaha fakultas melakukan penilaian dan tugas sebagai pengawas kinerja tenaga kependidikan. Penilaian tersebut berdasarkan absensi dan kinerja yang diperlihatkan dengan laporan dan pengamatan pimpinan.

Kendala yang dihadapi dalam pengembangan tenaga kependidikan khususnya dalam pengembangan kemampuan penguasaan program komputer, kearsipan, barang dan jasa, pengelolaan keuangan, laboran, pustakawan. Pelatihan-pelatihan semacam tersebut dirasa kurang karena program pengembangan tenaga kependidikan sebagian besar diselenggarakan oleh Universitas.

Berikut Tabel data Tenaga Kependidikan yang berada di Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta

No. Jenis Tenaga Kependidikan Jumlah Tenaga Kependidikan dengan Pendidikan Terakhir
S3 S2 S1 D4 D3 D2 D1 SMA/SMK SMP SD
(1)

(2)

(3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)

(12)

1 Pustakawan *

-

-

- - - - -  - - -
2 Kabag. TU - - 1 - - - - - - -
3 Kasubag. - - 3 - - - - - - -
4 Administrasi PNS - - 5 - 1 - - 5 - -
5 Pramu PNS - - - - - - - - - 1
6 Laboran PNS - - 1 - - - - - - -
7 Administrasi Honorer - - 6 - 2 - - 11 - -
8 Pramu Honorer - - - - - - - 4 2 3
9 Caraka Honorer - - - - - - - 2 2 4
10 Teknisi Honorer - - - - - - - 3 - -
11 Instruktur Honorer - 2 1 - - - - - - -
12 Sopir - - - - - - - 2 - -
13 Satpam - - - - - - - - - 1
Total - 2 17 - 3 - - 27 4 9