Layanan & Fasilitas

Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta selalu berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan sarana yang dibutuhkan bagi terjaminnya penyelenggaraan program Tridarma Perguruan Tinggi yang bermutu tinggi serta suasana akademik yang kondusif. Upaya pengembangan dan peningkatan yang dilakukan fakultas meliputi:

 Sarana Pendidikan:

Sarana pendidikan di fakultas dirasakan cukup, karena ruang-ruang perkuliahan tersedia fasilitas-fasilitas sarana penunjang kegiatan akademik di dalam ruang seperti papan tulis dengan spidol, kursi bermeja untuk mahasiswa, meja dan kursi untuk dosen, LCD projetor dan fasilitas pendingin ruangan yang terawat di seluruh ruang di gedung perkuliahan. Fasilitas sarana lainnya sebagai penunjang kegiatan akademik di luar ruang tersimpan
dengan rapih dan dapat digunakan kapan saja.

DSC04242Ruang Perkuliahan

Ruang  baca (perpustakaan) fakultas dilengkapi dengan Wi-Fi serta beberapa komputer yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berinternet dan belajar kelompok. Koleksi buku di perpustakaan fakultas mencakup keseluruhan bidang ilmu keolahragaan sehingga dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir maupun dosen yang melakukan penelitian.

 DSC04222Ruang baca (Perpustakaan) yang dilengkapi dengan Komputer dan Printer

 Sarana Laboratorium:

 Sarana Laboratorium Fitness

DSC04250 

Sarana laboratorium digunakan untuk proses pendidikan, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peralatan laboratorium telah tersedia dengan cukup baik dan terbilang lengkap untuk kegiatan praktikum dan tugas akhir mahasiswa serta sebagai kegiatan penelitian dosen. Fakultas memperoleh dana hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia berupa alat kesehatan dan alat kebugaran yang diperuntukan bagi sivitas akademika maupun masyarakat yang ingin merasakan manfaatnya. Cukup banyak penggiat olahraga, atlet berbagai cabang olahraga, serta masyarakat yang datang ke laboratorium di fakultas. Peningkatan sarana laboratorium tentunya diimbangi dengan pengembangan keahlian dosen maupun laboran yang terus didorong oleh fakultas guna melayani masyarakat tersebut.

DSC04253

Sarana Peralatan K3:

Peralatan keamanan standar telah dimiliki oleh tenaga satpam universitas maupun fakultas. Penjagaan dilakukan 24 jam dengan pergantian petugas jaga setiap 12 jam. Setiap gedung dan taman dilengkapi dengan lampu jalan untuk keperluan keamanan. Papan nama ruang dipasang di koridor gedung, baik ruang dosen, laboratorium, perpustakaan, maupun ruang kelas.

DSC04176Ruang Jaga Keamanan

 Di setiap gedung telah difasilitasi peralatan pengumpul sampah yang secara rutin dikelola oleh regu cleaning service. Sampah organik dan non-organik dikelola dengan baik dan dikumpulkan di satu tempat. Fakultas membuat program “jumat bersih” dimana seluruh tenaga kependidikan serta sivitas akademika gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar, program tersebut mengantarkan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta menjadi juara I lingkungan tertata dan terbersih di kampus
Universitas Negeri Jakarta.

DSC00720Penataan Lingkungan Kampus

 Sarana Kantor:

Seluruh dosen telah memiliki ruangan dan meja kerja. Dosen pada umumnya memiliki komputer jinjing (laptop). Demikian juga, seluruh karyawan telah memiliki meja kerja. Peralatan administrasi kantor pada umumnya menggunakan komputer dan peralatan pendukung seperti alat pencetak (printer) dan scanner. Di bagian administrasi seperti keuangan, kepegawaian, maupun akademik disediakan komputer desktop meskipun hampir seluruh karyawan menggunakan laptop karena lebih leluasa untuk keperluan rapat-rapat baik di fakultas maupun universitas. Untuk keperluan menggandakan dokumen fakultas menyediakan mesin photocopy di ruang khusus dekat dengan taman sehingga dapat diakses oleh sivitas akademika.

DSC04175Ruang Administrasi Akademik Fakultas

 Demikian juga disemua gedung terdapat fasilitas telephone, faksimili, LAN dan wireless internet yang dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan tamu yang tersambung ke ICT fakultas dan Universitas melalui kabel optik.

Sarana operasional:

Fakultas memiliki dua unit kendaraan operasional yang digunakan oleh pimpinan fakultas serta operasional kegiatan yang pada umumnya untuk operasional tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Kendaraan tersebut diletakkan di gedung dekanat, dalam hal tertentu mahasiswa dapat menggunakan fasilitas tersebut. Rencana penambahan sarana operasional dalam lima tahun mendatang fakultas berupaya menyediakan kendaraan operasional yang lebih besar seperti bus dan mobil ambulance yang dapat dipergunakan bagi kegiatan minat bakat, pengabdian kepada masyarakat, bagi sivitas akademika.


Perpustakaan

Koleksi buku di perpustakaan fakultas mencakup keseluruhan bidang ilmu keolahragaan sehingga dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir maupun dosen yang melakukan penelitian. Lokasi perpustakaan Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta berada di Gedung C Lantai 4, Kampus Timur Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220. Pengunjung perpustakaan akan dilayani pada Senin s.d Jumat pukul 08.00 s.d 11.30 dan 13.00 s.d 16.00 Wib