GPjM

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU

A. Visi, Misi, dan Fungsi

  1. Visi Lembaga Penjamin Mutu UNJ

Menjadi salah satu institusi penjaminan mutu perguruan tinggi terbaik dalam menjalankan fungsinya dibidang pendidikan, penilitian, dan pengabdian pada masyarakat serta layanan administrasi akademik.

 

  1. Misi Lembaga Penjaminan Mutu UNJ

Menjadikan mutu sebagai jiwa seluruh civitas akademika UNJ dalam menjalankan fungsi terbaiknya dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta layanan administrasi akademik.

Mendorong UNJ menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan berskala international

     3. Fungsi Lembaga Penjaminan Mutu UNJ

  • Menyusun dan mengembangkan standar umum dan berbagai pedoman sebagai acuan melaksanakan penjaminan mutu akademik dan layanan akademik.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu (termasuk monitoringdan evaluasi) kegiatan akademik dan layanan akademik mulai tingkat universitas sampai program studi.
  • Mengkaji hasil pelaksanaan penjaminan mutu dalam suatu siklus pada seluruh jajaran di UNJ
  • Menyampaikan rekomendasi kepada Rektor dan pimpinan lainnya sebagai masukan untuk peningkatan mutu secara berkelanjutan

B. Sasaran

Kegiatan penjaminan mutu merupakan suatu siklus yang bergulir secara berkelanjutan. Kegiatan tersebut dimulai dari penetapan standar mutu, dilanjutkan dengan pelaksanaan yang secara periodic dilakukan monitoring dan evaluasi.

Hasil monitoring dan evaluasi akan memberikan masukan untuk melaksanakan evaluasi diri sebagai umpan balik dalam penetapan standar untuk siklus berikutnya. Inti dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Sasaran dari kegiatan penjaminan mutu pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat adalah tahap: masukan, proses, hasil, dan dampak.

C. Pendekatan

Dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan suatu siklus penjaminan mutu adalah berdasar pada kondisi riil yang telah dicapai dalam bidang pendidikan, penelitian pengabdian pada masyarakat. Dan layanan akademik.

Pendekatan yang digunakan dalam menjalankan seluruh rangkaian penjaminan mutu adalah:

  • Mulai dari sekarang, seluruh komponen yang terkait diajak untuk memulai tanpa menunggu kelengkapan dan kesiapan komponen lainnya.
  • Sinergi dengan semua komponen, pencapaian mutu merupakan proses yang saling terkait antara satu komponen dengan yang lainnya. Oleh sebab itu sinergi seluruh komponen akan mempercepat pencapaian tujuan.
  • Terencana, artinya semua rangkaian siklus penjaminan mutu dilaksanakan berdasarkan perencanaan.
  • Komitmen, diperlukan komitmen yang kuat meulai dari pimpinan sampai dengan pelaksana.
  • Berkelanjutan, apabila suatu siklus penjaminan mutu sudah selesai maka harus dilanjutkan dengan siklus berikutnya untuk mencapai standar yang lebih tinggi dan seterusnya.