Lakip

A. LATAR BELAKANG

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaksana dalam bidang pendidikan, Pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih khusus dalam kajian dan terapan IPTEK bidang keolahragaan, maka Fakultas Ilmu Keolahragaan telah berupaya melaksanakannya semaksimal mungkin tugas tersebut sesuai dengan mandat dan kewenangan yang dimiliki.

Kemudian sebagai pertanggung jawaban dari pelaksanaan, serta realisasi berbagai kegiatan yang telah dilakukan berikut akan disampaikan Laporan Akuntabilitas secara menyeluruh sebagai implikasi dari rencana kerja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

Laporan Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) merupakan kewajiban organisasi dilingkungan Pendidikan Tinggi yang berperan sebagai pelaksana kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Secara umum, Rencana Kerja dibuat berdasarkan kajian dari faktor-faktor pendukung, penghambat, tantangan dan peluang. Yang kesemuanya itu merupakan pijakan terhadap rencana dan strategi pengembangan FIK UNJ pada masa-masa selanjutnya. Rencana kinerja Fakultas Ilmu Keolahragaan dirangkum dari Badan Pelaksanaan Harian (BHP) FIK UNJ dan telah diajukan dan disetujui oleh rapat Senat FIK UNJ.

Secara keseluruhan kegiatan yang dilakukan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mewujudkan visi yaitu menjadikan FIK UNJ sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang handal, profesional dan terkemuka serta menjadi sentra pengembangan ilmu di bidang olahraga untuk kepentingan dan tujuan pembangunan manusia Indonesia berkualitas, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki wawasan Global, bermoral, sehat dan bugar baik mental, fisik maupun emosional.

Pada dasarnya rencana kegiatan yang telah dicanangkan merupakan upaya konkret mewujudkan visi melalui pelaksanaan kegiatan di setiap unit yang ada dilingkungan Fakultas, baik tingkat Dekan, Program Studi, bagian administrasi, sub bagian keuangan dan kepegawaian, sub bagian kemahasiswaan, serta sub unit-unit pelaksana teknis. Dengan demikian semua unsur dan potensi fakultas diberdayakan seoptimal mungkin dalam usaha pengembangan lembaga dan ilmu keolahragaan secara luas.

Secara faktual, pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2012 belum sepenuhnya dapat terlaksanakan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Terdapat sebagian program yang tidak keterbatasan fasilitas, belum optimalnya pengelolaan secara professional, keterbatasan dana, maupun kurangnya dukungan administrasi, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Namun demikian disisi lain terlihat beberapa program berjalan sesuai dengan perencanaan, yang bila ditangani dengan baik akan memberikan pengaruh positif bagi kegiatan tersebut maupun kegiatan-kegiatan lainnya.

Laporan Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Rencana Kerja merupakan gambaran kegiatan bidang Akademik, Bidang Administrasi dan Keuangan, Bidang Kemahasiswaan dan bidang-bidang penunjang lainnya, termasuk di dalamnya adalah semua sub unit yang menjadi bagian tidak terpisahkan dengan keberadaan fakultas, program studi serta jalinan koordinasi kerja dengan unit yang ada dilingkungan Universitas maupun jalinan kerjasama dengan instansi di luar Universitas.

Laporan ini merupakan bukti otentik untuk dijadikan dokumen tertulis yang bersifat permanen, saran evaluasi diri dalam mengetahui derajat keberhasilan maupun tingkat kegagalan, dan menjadi landasan dalam merencanakan program kerja tahun-tahun berikutnya, serta merupakan salah satu acuan dalam mengambil kebijakan.

B. DASAR

Dasar Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta adalah:

  1. Undang – undang SISDIKNAS Tahun 2003
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 Tentang Perguruan Tinggi.
  3. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 280/O/1999 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Jakarta.
  4. Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2006 Tentang Laporan Akuntabilitas Kinerja dilingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
  5. Surat Edaran Pembantu Rektor II Universitas Negeri Jakarta tentang Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2014 dilingkungan UNJ.
  6. Rencana Strategi Pengembangan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.
  7. Rencana Operasional dan Program Kerja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta tahun 2014.

 C. TUJUAN

Tujuan Penyusunan Laporan Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja ini adalah sebagai :

  1. Pertanggung jawaban pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sistem organisasi.
  2. Dokumen otentik dan bahan informasi tentang pelaksanaan rencana kerja tahun 2012.
  3. Bahan evaluasi terhadap keberhasilan, kegagalan dan hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan rencana kerja tahun 2009.
  4. Landasan dalam menyusun dan merencanakan rencana kerja.
  5. Kebijakan dan acuan dalam mengambil langkah selanjutnya.

D. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup Laporan Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja mencakup pelaksanaan tugas

Pokok dan fungsi dari satuan-satuan unit kerja FIK UNJ dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik kegitan rutin, pengembangan dan kegiatan lainnya. Secara garis besar, pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja mencakup 3 (tiga) pilar yang terdiri dari : (1) Pemerataan dan Perluasan Akses, (2) Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing, (3) Penguatan

Rencana Strategis

A. Visi dan Misi

Sesuai dengan mandat dan kewenangan yang dimiliki FIK UNJ dalam menunaikan tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya maka FIK UNJ menuangkan dalam bentuk visi dan misi sebagai acuan untuk mengimplementasikan semua rencana dan program yang telah disusun tersebut. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta mempunyai visi sebagai berikut :

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta sebagai lembaga yang handal, profesional dan menjadi sentral pengembangan bidang keolahragaan untuk kepentingan dan tujuan pembangunan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwal kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki wawasan pengetahuan mendalam dan global, bermoral, bugar fisik dan mental maupun emosional.

Berangkat dari visi yang ditetapkan maka Fakultas Ilmu Keolahragaan mengemban misi sebagai berikut: Fakultas Ilmu Keolahragaan melaksanakan pengembangan dan penyebaranluasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Keolahragaan agar semua bentuk kegiatan di bidang Keolahragaan agar semua bentuk kegiatan dibidang keolahragaan dapat berhasil untuk kepentingan dan tujuan pembangunan bangsa.

B. Tujuan dan Sasaran

Pada tahun 2012 Rencana Kerja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta terangkum dalam tiga fokus bidang pengembangan yaitu : (1) Pemerataan dan perluasan akses, (2) Peningkatan mutu, Relevansi dan Daya Saing, (3) Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik. Adapun tujuan dan sasaran dari ketiga fokus pengembangan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. adalah :

  1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang meliputi dosen dan pegawai.
  2. Peningkatan kesejahteraan dosen dan pegawai, laboran, teknisi.
  3. Peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan pelayanan terhadap mahasiswa.
  4. Peningkatan kualitas lulusan.
  5. Peningkatan fasilitas proses belajar mengajar.
  6. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana penunjang.
  7. Peningkatan manajemen kelembagaan.
  8. Peningkatan kualitas kegiatan P2M dan penelitian.
  9. Peningkatan kerjasama dengan pihak terkait.
  10. Perluasan akses teknologi dan informatika.
  11. Peningkatan akuntabilitas pelaporan kegiatan.

C. Cara Mencapai Tujuan dan Sasaran

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka strategi yang diterapkan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta adalah Pemberdayaan semua komponen dan bagian, sesuai dengan bidang dan tugasnya, sehingga menjadi satu kesatuan manajemen kolektif yang efisien, efektif dan produktif. Pemberdayaan akan dapat dicapai dengan pencerahan informasi dalam menjalin komunikasi dan koordinasi untuk merajut (menghubungkan) benang merah antar unit kerja dan personal-personal yang ada.

Pelaksanaan dalam merealisasikan berbagai bentuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan agar mencapai sasaran yang ditargetkan diupayakan dengan motto efesiensi dan akurasi untuk kebersamaan.

AKUNTABILITAS KINERJA

Pada bagian ini akan dipaparkan hasil Penetapan Kinerja Fakultas dan Pengukuran Kinerja Fakultas Tahun 2014 yang merupakan realisasi rencana kerja dan program Penetapan Kinerja .  Pelaksanaan program kegiatan meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Program dibidang pendidikan/pengajaran meliputi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dimana fakultas ilmu olaharaga menjadi panitia pelaksana tes penerimaan mahasiswa baru. Program selanjutnya adalah meningkatkan pendidikan dosen kejenjang studi lanjut.

Program peningkatan mutu perkuliahan dalam rangka pelayanan pendidikan maka diperlukan program pembuatan bahan ajar berbasis IT dimana program ini juga melibatkan mahasiswa sebagai target dalam rangka kegiatan belajar mengajar. Untuk menunjang proses perkuliahan target selanjutnya adalah program studi, dimana program studi di fakultas ilmu keolahragaan mengadakan kegiatan workshop dan seminar penyempurnaan kurikulum, pelaksanaan PPL/PKL/ Magang/OLK dan juga pembuatan bahan ajar berbasis IT oleh dosen-dosen program studi. selain itu program studi juga melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi proses perkuliahan serta penyempurnaan sistem rekrutmen dalam rangka kualitas dosen dan layanan.

Pada bidang administrasi pendidikan juga mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan mendapatkan prioritas program peningkatan kualitas sistem layanan administrasi akademik, pelaksanaan Masa Pengenalan Akademik bagi mahasiswa baru, pelaksanaan kegiatan minat dan bakat bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan. Selain itu juga, pada layanan pendidikan meliputi pembinaan manajemen, pembinaan layanan administrasi, pelaksanaan kegiatan akademik dan administrasi, pelaksanaan sistem kegiatan administrasi keuangan, menyusun sistem standar mutu perkuliahan, kemudian penyusunan SOP bagian.

Pada sisi lain dalam rangka penunjang proses peningkatan kualitas pendidikan juga peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan meliputi kegiatan program pengadaan barang, pemeliharaan sarana dan prasana perkuliahan, pelaksanaan operasional perkantoran dan pemeliharan kendaraan roda 4.

Pada bidang penelitian program kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan pelaksanaan program penelitan bagi dosen-dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dalam rangka peningkatan kualitas dosen dalam bidang penelitian.

Bidang pengabdian masyarakat juga diprogramkan kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan untuk peningkatan kualitas dosen dibidang pengabdian masyarakat.

Berdasarkan evaluasi dan analisis dari akuntabilitas kerja tersebut secara umum disimpulkan bahwa ada beberapa program dan kegiatan yang tingkat keberhasilannya cukup baik, sesuai perkiraan namun sebaliknya, ada juga beberapa rencana kerja yang tidak dapat terealisir sebagaimana yang diharapkan.

Hal tersebut dimungkinkan terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor pendukung yang terjadi seperti halnya semakin meningkatnya frekuensi kerjasama yang dilakukan dengan berbagai instansi dan demikian juga faktor penghambat dari dalam atau internal seperti keterbatasan sumber daya.

Langkah antisipasi pada tahun yang akan datang diharapkan program kerja disusun lebih baik disertai dengan data pendukung untuk perencanaannya sehingga dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan setiap permasalahan yang akan terjadi.