Program Studi (S1) Ilmu Keolahragaan

DSC03012

Plt Koordinator Program Studi (S1) Ilmu Keolahragaan

Dr. Yasep Setiakarnawijaya, M.Kes.

=================================================

Visi

Terwujudnya Program Studi Ilmu Keolahragaan yang dikelola secara transparan, akuntabel, adil, professional dan akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat sehingga mampu menghasilkan tenaga S1 ahli bidang Olahraga kesehatan yang Beriman, Sehat, Maju dan Sejahtera pada tahun 2022.

Misi

Berdasarkan visi yang telah disusun,Prodi Ilmu Keolahrgaan mengmban misi untuk :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu yang dikelola secara transparan,akuntable,adil,professional dan akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat,sehingga dihasilkan lulusan yang beriman,sehat,maju dan sejahtera.
  2. Melaksanakan penelitian yang mendukung proses pembelajaran,pengembangan ilmu, dan menghasilkan teknologi tepat guna bidang olahraga kesehatan yang memandirikan dan mendukung kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang menyelaraskan hasil-hasil penelitain dengan dinamika yang berkembang di masyarakat sehingga terwujud masyarakat sehat,maju,dan sejahtera melalui olahraga.
  4. Menjalin kerjasama atas dasar kesukarelaan dengan pihak-pihak terkait baik dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran,penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  5. Menjaga suasana akademis yang egaliter,demokratis dan sinergis antar civitas akademika serta menjamin kebebasan mimbar akademik sehingga mendukung tercapainya visi prodi.

Tujuan

    1. Menghasilkan lulusan stara satu (S1) yang beriman,sehat,maju dan sejahtera dengan keahlian Instruktur Fitness dan Olahraga kesehatan, Sport Maasage, Exercise Therapy dan Strength and Conditioning.
    2. Menghasilkan penelitian dengan novelty yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang olahrga kesehatan.
    3. Menghasilkan dan melaksanakan program kegiatan pengabdian kepada masyarkat yang akomodatif terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat.
    4. Terjalinnya kerjasama atas dasar kesukarelaan dengan pihak-pihak terkait baik dalam rangka pengajaran,penelitain maupun pengabdian kepada masyarkat.
    5. Terpeliharanya suasan akademis yang egaliter,demokratis dan sinergis antar civitas akademika serta menjamin kebebasan mimbar akademik sehingga mendukung tercapainya visi prodi.

Akreditasi

Program Studi Ilmu Keolahragaan S1 telah diakreditasi dengan nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.025/Ban-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012.   Program Studi Ilmu   Keolahragaan juga pada tahun 2007 telah mendapatkan surat keputusan tentang Penataan dan Penetapan Kembali Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pada Universitas Negeri Jakarta dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Nomor: 136/DIKTI/Kep/2007.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan diproyeksikan untuk :

  1. Mampu dan menghayati etika pengembangan ilmu keolahragaan dan pemberian layanan dalam kerangka bidang olahraga kesehatan.
  2. Menguasai konsep dan dasar teori dalam seperangkat disiplin ilmu keolahragaan untuk kesehatan serta ilmu-ilmu pendukungnya.
  3. Menguasai berbagai cabang olahraga pilihan sebagai sarana pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena olahraga.
  4. Memiliki   keahlian khusus dalam menyelenggarakan kegiatan olahraga kesehatan untuk membantu penyembuhan dan meningkatkan kesegaran jasmani masyarakat.
  5. Mampu membuat perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi penyelengaraan olahraga kesehatan untuk membantu meningkatkan kesegaran jasmani masyarakat.
  6. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi keolahragaan.
  7. Mampu terus menerus mengembangkan diri baik sebagai warga negara maupun sebagai ilmuwan.

Gelar Lulusan

Gelar lulusan Program Studi Ilmu Keolahragaan adalah Sarjana Olahraga (S.Or.).

Kurikulum

Dasar penyusunan kurikulum menggunakan acuan Keppmen nomor 232/U/2000 tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan   Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa serta Keppmen nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan   Tinggi. Selain itu penyusunan kurikulum juga didasarkan pada perkembangan ilmu keolahragaan dan stakeholder.

Sebaran kurikulum disusun berdasarkan tingkat kompleksitas keilmuan dan tingkat keterampilan, oleh karena itu strategi implementasi kurikulum menggunakan konsep-konsep kependidikan untuk mencapai kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan.

Struktur Kurikulum

1. Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2. Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) 114
3. Mata Kuliah Pembelajaran (MKP) 17