• (021) 4893534
  • UNJ Sport Complex, Rawamangun, Jakarta Timur

PROGRAM STUDI (S1) PENDIDIKAN JASMANI

Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Visi

Program Studi Pendidikan Jasmani pada tahun 2020 menghasilkan guru pendidikan jasmani yang memiliki Respek terhadap perubahan, Empati terhadap lingkungan, berjiwa Sportif, Professional dalam melaksanakan tugas, Ekselen dalam mengembangkan kemampuan yang Kompetitif dalam menghadapi persaingan global (RESPEK).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Jasmani yang respek terhadap perubahan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran Program Studi yang berdaya saing sesuai dengan tuntutan jaman
  3. Melaksanakan penelitian pembelajaran pendidikan Jasmani yang inovatif
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang empati dalam bidang pendidikan Jasmani
  5. Melaksanakan peningkatan kompetensi dosen yang ekselen dan profesional dalam bidang pendidikan jasmani
  6. Meningkatkan kompetensi lulusan Program Studi yang berjiwa sportif dan kompetitif.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan guru Pendidikan Jasmani yang respek terhadap perubahan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Tercapainya kualitas pembelajaran Program Studi yang berdaya saing sesuai dengan tuntutan jaman
  3. Menghasilkan penelitian pembelajaran pendidikan Jasmani yang inovatif
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang empati dalam bidang pendidikan Jasmani
  5. Tercapainya kompetensi dosen yang ekselen dan profesional dalam bidang pendidikan jasmani
  6. Tercapainya kompetensi lulusan Program Studi yang berjiwa sportif dan kompetitif
  7. Menghasilkan lulusan yang dapat mengelola kegiatan olahraga

Profil Lulusan

NoProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1Guru Pendidikan JasmaniMenjadi guru yang profesional di jenjang pendidikan dasar (Paud, TK, SD/MI), Menengah (SMP/Mts dan SMA/ SMK/MA) dan adaptif/difabel)
2Peneliti bidang pendidikan Jasmani dan OlahragaMenjadi penelitian dalam bidang pendidikan Jasmani dan Olahraga
3Manager OlahragaMenjadi pengelola kegiatan olahraga

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik

KETERAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
  4. Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  6. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar
  7. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
  8. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  9. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas;
  10. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
  11. Menguasai berbagai keterampilan cabang olahraga

Pengetahuan

  1. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan
  2. Memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan
  3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran;
  4. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan
  5. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian

Kurikulum Program Studi (S1) Pendidikan Jasmani

Kode Mata KuliahMata KuliahSKS
51553Pend. Agama Islam3
51163Pend. Agama Kristen Protestan3
51173Pend. Agama Katolik3
51183Pend. Agama Hindu3
51193Pend. Agama Budha3
51122Pendidikan Pancasila2
51122Pendidikan Kewarganegaraan2
51262Ilmu Sosial Budaya Dasar2
51132Bahasa Inggris2
51142Bahasa Indonesia2
52134Landasan Kependidikan4
52152Perkembangan Peserta Didik2
52144Teori Belajar dan Pembelajaran4
52122Profesi Pendidikan2
61350033Desain Kurikulum Penjas *3
60052052Perencanaan Pengajaran **3
600520Interaksi Belajar Mengajar ***3
60052062Evaluasi Pengajaran ****3
61330082Media Pembelajaran Penjas2
60052072Strategi Metodologi Pembelajaran Penjas *****3
60050262Ilmu Urai *2
60050272Fisiologi **2
62150032PPCO2
63150132Ilmu Lulut ****2
62150022Ilmu Kesehatan*2
63150042Ilmu Gizi **2
62150022Pendidikan Kesehatan Sekolah ***2
60050282Azas Falsafah Penjas & Olahraga2
60050382Perkembangan Motorik *2
60050302Belajar Motorik *2
60050292Sejarah Olahraga2
61150032Adm. Organisasi Pertandingan2
52012Metode Penelitian2
60052082Penelitian Pengajaran2
61150022Sosiologi Olahraga2
63150012Pengantar Ilmu Kepelatihan2
52022Pengantar Statistik Pendidikan2
61150072Psikologi Olahraga2
61150052Penjas Adaptif2
61150092Sistem Pendidikan Jasmani2
63150052Kinesiologi2
62150403Pembinaan Kesegaran Jasmani3
63150082Tes & Pengukuran Olahraga2
61150112Manajemen Penjas & Olahraga2
60054014Seminar Persiapan Skripsi2
60054026Skripsi4
60050012T & P Atletik I2
60050022T & P Atletik II2
60050032T & P Atletik III2
60050042T & P Senam Artistik Dasar2
60050062T & P Senam Artistik Lanjutan2
T & P Senam Artistik Lanjutan II2
60050052T & P Gerak Berirama ***2
60050072T & P Renang I *2
60050082T & P Renang II2
60050092T & P Renang III2
60050102T & P Permainan Kecil2
60050112T & P Bola Basket2
60050122T & P Bola Voli2
60050132T & P Sepak Bola2
60050172T & P Bulutangkis2
60050202T & P Pencak Silat2
52302PKM2
Total143

Logo

Website Slogan

Contact Us

1408 lorem, Jakarta
NSW 2060, Indonesia

(+62) 555-1408
info@unj.com