(S1) Ilmu Keolahragaan

PROGRAM STUDI (S1) ILMU KEOLAHRAGAAN

Gelar Lulusan Sarjana Olahraga (S.Or)

Visi, Misi & Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul sehingga menghasilkan tenaga ahli bidang Olahraga Kesehatan yang Beriman, Sehat, Maju dan Sejahtera dalam mendukung UNJ bereputasi di Kawasan Asia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu yang dikelola secara transparan, akuntable, adil, professional, dan akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat, sehingga dihasilkan lulusan yang beriman, sehat, maju, dan sejahtera.

  2. Melaksanakan penelitian yang mendukung proses pembelajaran, pengembangan ilmu, dan menghasilkan teknologi tepat guna bidang olahraga kesehatan yang memandirikan dan mendukung kesejahteraan masyarakat.

  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang menyelaraskan hasil-hasil penelitian dengan dinamika yang berkembang di masyarakat sehingga terwujud masyarakat sehat, maju, dan sejahtera melalui olahraga.

  4. Menjalin kerjasama atas dasar kesukarelaan dengan pihak-pihak terkait baik dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran,penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

  5. Menjaga suasana akademis yang egaliter, demokratis dan sinergis antar civitas akademika serta menjamin kebebasan mimbar akademik sehingga mendukung tercapainya visi prodi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan setara satu (S1) yang beriman, sehat, maju dan sejahtera dengan keahlian Instruktur Fitness dan Olahraga kesehatan, Sport Massage, Exercise Therapy, dan Strength and Conditioning.

  2. Menghasilkan penelitian dengan novelty yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran di bidang olahraga kesehatan.

  3. Menghasilkan dan melaksanakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akomodatif terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat.

  4. Terjalinnya kerja sama atas dasar kesukarelaan dengan pihak-pihak terkait baik dalam rangka pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

  5. Terpeliharanya suasana akademis yang egaliter, demokratis dan sinergis antar civitas akademika serta menjamin kebebasan mimbar akademik sehingga mendukung tercapainya visi prodi

Profil Lulusan

  • Analis Keolahragaan yaitu pengkaji kebijakan teknis dan teoritis keolahragaan pada setiap strata pengambil kebijakan keolahragaan

  • Peneliti Keolahragaan yaitu pengkaji permasalahan keolahragaan  dan mampu menghasilkan temuan baru dalam pengembangan teknologi keolahragaan

  • Konsultan Kebugaran yaitu tenaga ahli bidang  perencanaan, pengelolaan dan evaluasi  program olahraga kebugaran

  • Tenaga ahli Kesehatan Non-Medis Bidang Keolahragaan yaitu pengelola pelayanan kesehatan olahraga di masyarakat 

  • Pembina Kegiatan Keolahragaan yaitu pengelola kegiatan olahraga kesehatan, rekreasi, dan olahraga masyarakat 

Capaian Pembelajaran Lulusan

A. SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Olahraga
  12. Beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
  13. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarism.
  14. Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam lingkungan kerja dan kehidupan masyarakat
  15. Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik
  16. Menjadi pembelajar sepanjang hayat (lifelong learners)

B. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis
  10. Mampu mengintegrasikan kecakapan (a) belajar dan berinovasi (learning and innovation skills), (b) penguasaan informasi, media, dan teknologi (information, media and technology skills), dan (c) pengembangan karier dan kecakapan hidup (life and career skills)
  11. Mampu menunjukkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, dan demokratis

C. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merancang program olahraga kesehatan dan olahraga masyarakat melalui kajian ilmiah dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga.
  2. Menguasai sains dan teknologi olahraga untuk pengembangan kecabangan olahraga dan berbagai aktivitas fisik lainnya untuk mendukung promosi gaya hidup aktif.
  3. Mampu memberikan pelayanan jasa konsultasi sesuai keahlian, misalnya dalam bidang Olahraga secara umum dan Olahraga Kesehatan dan Olahraga masyarakat secara khusus untuk meningkatkan derajat kebugaran/kesehatan masyarakat berbasis sains dan teknologi keolahragaan.
  4. Mampu melakukan kajian-kajian ilmiah terhadap permasalahan keolahragaan secara mendalam, jujur dan cerdas yang didukung dengan keterampilan menulis ilmiah, analisis, serta penguasaan tes dan pengukuran olahraga berbasis sains dan teknologi.
  5. Mampu menyelenggarakan kegiatan Kesehatan Non Medis yang meliputi olahraga kesehatan, olahraga masyarakat, olahraga rekreasi dan olahraga prestasi secara profesional, nasionalis dan inovatif dengan didukung kemampuan manajemen keolahragaan dan teknologi informasi terkini.
  6. Mampu mengaplikasikan pengetahuan Ilmu Keolahragaan dalam berbagai bidang secara mandiri dan bertanggung jawab, terutama di bidang olahraga kesehatan dan olahraga masyarakat tanpa mengesampingkan olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi.

D. PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep, teori, implementasi ilmu keolahragaan yang ditekankan pada penguasaan bidang olahraga kesehatan dan olahraga masyarakat dan pengembangan teknologi olahraga.
  2. Mampu melakukan kajian-kajian ilmiah terhadap permasalahan keolahragaan secara mendalam, jujur dan cerdas yang didukung dengan keterampilan menulis ilmiah, analisis, serta penguasaan tes dan pengukuran olahraga berbasis sains dan teknologi.
  3. Memiliki kemampuan berpikir kritis dan visioner dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu keolahragaan berbasis sains dan teknologi sebagai pertanggungjawaban keilmuan kepada masyarakat secara luas
  4. Mengaplikasikan media Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas/peranannya.

Akreditasi Program Studi

Daftar Dosen Program Studi (S1) Ilmu Keolahragaan

NoNAMA DOSENNIPNIDN/NIDKSTATUS DOSEN
1Dr. Ir. Fatah Nurdin, MM19680628 200112 1 0020028066803TETAP/PNS
2Dr. Abdul Gani, M.Pd19780217 200604 1 0010017027802TETAP/PNS
3Dr. Heni Widyaningsih, SE, M.SE19720122 199903 2 0010022017206TETAP/PNS
4Boyke Adam Hatena Manopo, S.Pd, M.Pd19750430 200604 1 0010030047501TETAP/PNS
5dr. Bazzar Ari Mighra, Sp.N19850419 201504 1 0020019048503TETAP/PNS
6Eko Juli Fitrianto, S.Or, M.Kes, AIFO19810731 200604 1 0010031078102TETAP/PNS
7Dr. Albert Wolter Aridan Tangkudung, S.Sos., M.Pd19830827 201504 1 0010027088304TETAP/PNS
8Dr. Kuswahyudi, S.Or., M.Pd19850925 201504 1 0030425098504TETAP/PNS
9Sri Indah Ihsani, S.T., M.Or.19920216 202203 2 0050016029204TETAP/PNS
10Dzulfiqar Diyananda, S.T., M.Pd.19900517 202203 1 0040017059016TETAP/PNS
11Ela Yuliana, M.Or.19970516 202203 2 0140016059701TETAP/PNS
12Dinan Mitsalina, M.Or19950425 202012 2 0160025049502TETAP/PNS
13Bazuri Fadillah Amin, S.Pd., M.Pd0330088703TETAP/BLU
14Yuliasih, S.Or, M.Pd0009078606DPK
15Chandra, S.Pd, M.Pd0022038705DPK
16Nadya Dwi Oktafiranda, S.Or, M.Pd19901018 202321 2 0400018109006PPPK

Kurikulum Program Studi (S1) Ilmu Keolahragaan

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)