(S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

PROGRAM STUDI (S1) PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA

Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Visi, Misi & Tujuan

Visi

Menghasilkan Pelatih dan Guru Olahraga yang memiliki kemampuan akademis, profesionalitas serta bereputasi di Kawasan Asia

Misi

  1. Mengembangkan tugas dan fungsi pengajaran dan melaksanakan kegiatan pendidikan dalam rangka menghasilkan pelatih dan guru olahraga yang dapat bersaing.

  2. Mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan penelitian dan kajian keilmuan dalam rangka peningkatan kompetensi pelatih dan guru olahraga untuk pengembangan kemampuan akademisnya.

  3. Mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menunjukkan profesionalitas.

  4. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga agar siap menghadapi persaingan pasar kerja.

  2. Meningkatkan kualitas tenaga edukatif agar kualitas pendidikan dan pengajaran untuk meningkatkan kualitas kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

  3. Meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga edukatif/dosen program studi pendidikan kepelatihan olahraga yang berbasis pada ilmu pendidikan kepelatihan olahraga

  4. Meningkatkan pengaplikasian hasil penelitian atau pengajaran bagi tenaga edukatif/dosen dalam pengabdian kepada masyarakat

  5. Meningkatkan publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal baik nasional maupuan internasional bagi tenaga edukatif/dosen

  6. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan tenaga administrasi sebagai pendukung terlaksananya Total Quality Services baik di bidang akademik, pustaka dan layanan administrasi

  7. Meningkatkan produktivitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga melalui prestasi olahraga mahasiswa di tingkat daerah, nasional, maupun internasional baik event mahasiswa, maupun event kecabangan olahraga itu sendiri

  8. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berwirausaha sebagai bentuk nyata sebagai antisipasi apabila terjadi kekurangan lapangan pekerjaan

  9. Meningkatkan peluang kerja bagi lulusan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan

  10. Menjadikan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang dikenal dan menjadi acuan di bidang ilmu kepelatihan olahraga baik di tingkat nasional, regional maupun internasional

Profil Lulusan

  • PL-01 : Pelatih Fisik Cabang Olahraga
    Perencana dan mengelola latihan pengembangan komponen fisik cabang olahraga

  • PL-02 : Pelatih Cabang Olahraga
    Perencana dan mengelola latihan dalam peningkatan teknik dan taktik cabang olahraga

  • PL-03 : Pelatih Olahraga SekolahPembina dalam latihan di sekolah dalam peningkatan teknik dan taktik cabang olahraga

  • PL-04 : Instruktur Kebugaran
    Pengelola atau tenaga ahlipusat kebugaran masyarakat
  • PL-05 : Masseur Kebugaran
    Tenaga ahli di bidang perawatan kebugaran melalui teknik pemijatan

  • PL-06 : Wasit/Juri
    Tenaga ahli di bidang perawatan permainan cabang olahraga

  • PL-07 : Guru Olahraga
    Pendidik professional di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan atas

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi Nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai sarjana Pendidikan Olahraga
  12. Beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
  13. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis- jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuiensinya apabila melakukan plagiarism
  14. Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam lingkungan kerja dan kehidupan masyarakat
  15. Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik S16 Menjadi pembelajar sepanjang hayat (life long learners)
  16. Menjadi Pembelajar sepanjang hayat ( life long learners)

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, krisis, sistematis, dan lnovatil dalam konteks pengembangan atau implemenlasi ilmu pengelahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya:
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur:
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhalikan dan menerapkan nilai humamora sesual dengan keahriannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain program;
  4. Mampu menyusun deskripsi keilmuan dalam bentuk laporan atau tugas akhir dan mampu mempublikasi hasil dari tugas atau laporan;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, bordasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega. sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu berlanggungjawab alas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi lerhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah langgungjawabnya;
  8. Mampu mengelola proses latihan secara mandiri maupun kolektif;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kemballi data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mengidentifikasi potensi minat bakat dari aspek fisik, teknik, taktik dan mental pengembangan cabang olahraga;
  2. Mampu membuat program latihan disesuaikan dengan karakteristik dan usia;
  3. Mampu mengembangkan potensi minat bakat secara optimal
  4. Mampu menerapkan sports science dalam perencanaan, pengelolaan, evaluasi program latihan;
  5. Memperbaiki kualitas latihan berdasarkan hasil evaluasi dan analisis program latihan;
  6. Mengembangkan dan berkreasi dalam program latihan yang menyenangkan dan inovatif mengikuti perkembangan zaman
  7. Melakukan penelitian atau kajian leiteratur sesuai dengan keahlian di cabang olahraga dan keilmuan dalam bidang kepelatihan olahraga;
  8. Mampu mengidentifikasi permasalahan dalam olahraga berkaitan dengan peningkatan prestasi;
  9. Mampu mengelola event-event olahraga mulai dari tingkat local, daerah hingga nasional.

PENGETAHUAN

    1. Memahami dan menguasai landasan teori dan metodelogi kepelatihan;
    2. Memahami instrumen dalam pengembangan ketrampilan cabang olahraga;
    3. Memahami manajemen pengembangan kepelatihan olahraga;
    4. Memahami dan menguasai berbagai macam metode melatih dalam proses latihan;
    5. Menguasai pengguanaan perangkat teknologi atau alat latihan untuk peningkatan prestasi olahraga;

Daftar Dosen Program Studi (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

NoNAMA DOSENNIPNIDN/NIDKSTATUS DOSEN
1Hendro Wardoyo, S.Pd, M.Pd19720504 200501 1 0020004057204TETAP/PNS
2Dr. Ika Novitaria Marani, S.Pd, SE, M.Si19791109 200312 2 0010009117902TETAP/PNS
3Dr. Bambang Sujiono, M. Pd.19590225 198603 1 0030025025909TETAP/PNS
4Dr. Hidayat Humaid, M.Pd19630210 198803 1 0010010026310TETAP/PNS
5Dr. Tirto Apriyanto, S.Pd, M.Si19700417 199903 1 0020017047002TETAP/PNS
6Drs. Endang Darajat, M.KM19680604 199403 1 0020004066803TETAP/PNS
7Ari Subarkah, S.Pd, M.Pd19740402 200501 1 0030002047406TETAP/PNS
8Juriana, S.Psi, M.Si19760624 200501 2 0050024067605TETAP/PNS
9Dr. Rina Ambar Dewanti, M.Pd19740904 200501 2 0010004097403TETAP/PNS
10Dr. Bayu Nugraha, S.Pd, M.Pd19811218 201012 1 0020118128102TETAP/PNS
11Nur Fitranto, S.Pd., M.Pd19850618 201504 1 0020018068505TETAP/PNS
12Dr. Iwan Hermawan, S.Pd, M.Pd19750514 200112 1 0010014057508TETAP/PNS
13Muhamad Ilham, M.Pd19860807 201803 1 0000007088604TETAP/PNS
14Agung Robianto, S.Pd., M.Or19880413 201903 1 0150013048808TETAP/PNS
15Lita Mulia, M.Pd0030128607DPK
16Okki Yonda, S.Or., M.Pd19921025 202321 1 0180025109201PPPK

Kurikulum Program Studi (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)