Program Studi (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

KPL

Koordinator Program Studi (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Dr. Ika Novitaria Marani, S. Pd., SE., M. Si

========================================================

Visi

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga merupakan pelaksana dari Lembaga Pendidikan Tinggi FIK UNJ yang menghasilkan tenaga pelatih berkemampuan akademis-profesional dan siap menjadi pelatih nasional serta mampu memenuhi kebutuhan olahraga di masyarakat. 

Misi

  1. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pendidikan dalam rangka menghasilkan tenaga pelatih yang profesional.
  1. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan penelitian dan kajian keilmuan dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga pelatih yang profesional.
  1. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka aplikasi keilmuan dan mampu beradaptasi dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.
  1. Sesuai dengan visi Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga berkewajiban mengembangkan kurikulum dan kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  1. Kebijakan yang dilakukan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga adalah mengevaluasi kurikulum dalam kurun waktu 5 (lima) tahun dan mengadakan treasure terhadap lulusan dan kebutuhan yang berkembang dimasyarakat.

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga adalah Pelatih Cabang Olahraga yang mampu merancang, membuat dan melaksanakan program untuk mencapai tujuan dengan kompetensi lulusan sebagai berikut :

  1. Mampu memahami dan menerapkan konsep teoritis pendidikan kepelatihan dalam memahami berbagai karakter peserta didik dari berbagai aspek yang berada dilingkungan.
  1. Penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dasar penyusunan perencanaan pendidikan kepelatihan yang dapat dipertanggungjawabkan pada hasil kerja sendiri dan bisa dipertanggungjawabkan pada target beban kerja dari institusi.
  1. Mengaplikasikan konsep teoritis, perencanaan berdasarkan teknologi kepelatihan pada proses pelaksanaan latihan.
  1. Mampu menganalisa informasi dan data, dan memberikan solusi dan alternatif yang lain dilanjutkan menyusun strategi kepelatihan.
  1. Bertanggungjawab pada program yang dibuat, serta pelaksanaan, sekaligus pada beban kerja yang di berikan dari institusi. Sehingga ada yang dikerjakan berpengaruh pada aktualisasi potensi dari peserta didik.
  1. Memiliki kemampuan menyelenggarakan kompetisi, menguasai peraturan dan regulasi cabang olahraga, mampu menganalisa bidang olahraga, mampu berkomuniikasi dan berinteraksi dengan institusi lain yang sesuai dengan olahraga, dan mampu berkomunikasi dalam bahasa asing.

Kualifikasi lulusan program studi pendidikan kepelatihan olahraga memiliki pengetahuan tingkat dasar dan tingkat lanjut untuk mengikuti pelatihan dalam rangka mendapatkan lisensi melatih cabang olahraga ataupun dalam mengikuti coaching course/pelatihan tenaga keolahragaan profesional.

Akreditasi

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga telah diakreditasi dengan nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor Ban-PT No.025/Ban-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga juga pada tahun 2007 telah mendapatkan surat keputusan tentang Penataan dan Penetapan Kembali Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pada Universitas Negeri Jakarta dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Nomor: 136/DIKTI/Kep/2007.

Gelar Lulusan

Gelar lulusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga adalah S.Pd. (Sarjana Pendidikan).

Kurikulum

Dasar penyusunan kurikulum menggunakan acuan Keppmen 232/ U/2000 tentang penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa serta Keppmen no: 045/U/2002 tentang kurikulum inti Pendidikan Tinggi. Selain itu penyusunan kurikulum juga didasarkan pada perkembangan ilmu keolahragaan dan Stake Holder. Sebaran kurikulum disusun berdasarkan tingkat kompleksitas keilmuan dan tingkat keterampilan, oleh karena itu strategi implementasi kurikulum menggunakan konsep-konsep kependidikan dan kepelatihan olahraga terkini untuk mencapai kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan.

Struktur Kurikulum

1. Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2. Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12
3. Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) 108
4. Mata Kuliah Pembelajaran (MKP) 13

 Nama Dosen Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

NO NAMA NIP
1 Dr. Iman Sulaiman, M.Pd 19630627 198803 1 001
2 Dr. Hidayat Humaid, M.Pd 19630210 198803 1 001
3 Dr. Bambang Sujiono, M. Pd. 19590225 198603 1 003
4 Dr. Ika Novitaria Marani, S.Pd, SE, M.Si 19791109 200312 2 001
5 Tirto Apriyanto, S.Pd, M.Si 19700417 199903 1 002
6 Drs. Satia Bagdja Ijatna, M.Pd 19600509 199003 1 001
7 Drs. Endang Darajat, M.KM 19680604 199403 1 002
8 Rina Ambar Dewanti, M.Pd 19740904 200501 2 001
9 Roy Widyonarto Marison, M. Pd. 19660703 199702 1 001
10 Hendro Wardoyo, S.Pd, M.Pd 19720504 200501 1 002
11 Bayu Nugraha, S.Pd, M.Pd 19811218 201012 1 002
12 Ari Subarkah, S.Pd, M.Pd 19740402 200501 1 003
13 Drs. Octavianus Matakupan, M.Pd 19641004 199003 1 003
14 Hadi Rahmaddani, S.Pd 19671206 200112 1 001
15 Juriana, S.Psi, M.Si 19760624 200501 2 005
16 Drs. Iin Susanto 19591012 199003 1 002
17 Dra. Aryati, M.Pd 19641110 199203 2 001
18 Nur Fitranto, S.Pd., M.Pd 19850618 201504 1 002