(S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

PROGRAM STUDI (S1) PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA

Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Visi

Menghasilkan Pelatih dan Guru Olahraga yang memiliki kemampuan akademis, profesionalitas serta mampu berkompetisi dalam dunia global.

Misi

  1. Mengembangkan tugas dan fungsi pengajaran dan melaksanakan kegiatan pendidikan dalam rangka menghasilkan pelatih dan guru olahraga yang dapat bersaing.
  2. Mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan penelitian dan kajian keilmuan dalam rangka peningkatan kompetensi pelatih dan guru olahraga untuk pengembangan kemampuan akademisnya.
  3. Mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menunjukkan profesionalitas.
  4. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Tujuan

  1. Mengembangkan peningkatan mutu dosen dengan kegiatan diskusi, seminar dan studi lanjut S3.
  2. Mengembangkan program studi sebagai pusat kepelatihan olahraga yang unggul guna pengembangan prestasi olahraga nasional.
  3. Meningkatkan kualitas kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga agar siap menghadapi persaingan pasar kerja melalui peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan prestasi olahraga mahasiswa di tingkat daerah, nasional, maupun internasional
  4. Meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga edukatif/dosen program studi pendidikan kepelatihan olahraga yang berbasis pada ilmu pendidikan kepelatihan olahraga minimal 1 judul penelitian/orang/tahun baik di dalam maupun di lembaga/instansi luar kampus.
  5. Meningkatkan pengaplikasian hasil penelitian atau pengajaran bagi tenaga edukatif/dosen dalam pengabdian kepada masyarakat minimal 1 kegiatan/orang/tahun baik di dalam maupun di lembaga/instansi luar kampus agar dapat terjalin kerjasama dengan organisasi, instansi maupun stakeholder terkait.
  6. Meningkatkan peluang kerja bagi lulusan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan di lembaga pengguna lulusan dengan melakukan kerjasama dengan berbasis kemitraan dengan induk organisasi olahraga, klub olahraga dan swasta di bidang olahraga minimal 2 kegiatan/tahun
  7. Membangun suasana kreatifitas mahasiswa dalam pengembangan IPTEK dalam mendukung prestasi olahraga nasional

Profil Lulusan

[table id=19 /]

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi Nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai sarjana Pendidikan Olahraga
  12. Beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
  13. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis- jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuiensinya apabila melakukan plagiarism
  14. Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam lingkungan kerja dan kehidupan masyarakat
  15. Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik S16 Menjadi pembelajar sepanjang hayat (life long learners)
  16. Menjadi Pembelajar sepanjang hayat ( life long learners)

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, krisis, sistematis, dan lnovatil dalam konteks pengembangan atau implemenlasi ilmu pengelahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya:
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur:
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhalikan dan menerapkan nilai humamora sesual dengan keahriannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain program;
  4. Mampu menyusun deskripsi keilmuan dalam bentuk laporan atau tugas akhir dan mampu mempublikasi hasil dari tugas atau laporan;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, bordasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega. sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu berlanggungjawab alas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi lerhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah langgungjawabnya;
  8. Mampu mengelola proses latihan secara mandiri maupun kolektif;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kemballi data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mengidentifikasi potensi minat bakat dari aspek fisik, teknik, taktik dan mental pengembangan cabang olahraga;
  2. Mampu membuat program latihan disesuaikan dengan karakteristik dan usia;
  3. Mampu mengembangkan potensi minat bakat secara optimal
  4. Mampu menerapkan sports science dalam perencanaan, pengelolaan, evaluasi program latihan;
  5. Memperbaiki kualitas latihan berdasarkan hasil evaluasi dan analisis program latihan;
  6. Mengembangkan dan berkreasi dalam program latihan yang menyenangkan dan inovatif mengikuti perkembangan zaman
  7. Melakukan penelitian atau kajian leiteratur sesuai dengan keahlian di cabang olahraga dan keilmuan dalam bidang kepelatihan olahraga;
  8. Mampu mengidentifikasi permasalahan dalam olahraga berkaitan dengan peningkatan prestasi;
  9. Mampu mengelola event-event olahraga mulai dari tingkat local, daerah hingga nasional.

PENGETAHUAN

  1. Memahami dan menguasai landasan teori dan metodelogi kepelatihan;
  2. Memahami instrumen dalam pengembangan ketrampilan cabang olahraga;
  3. Memahami manajemen pengembangan kepelatihan olahraga;
  4. Memahami dan menguasai berbagai macam metode melatih dalam proses latihan;
  5. Menguasai pengguanaan perangkat teknologi atau alat latihan untuk peningkatan prestasi olahraga;

Kurikulum Program Studi (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

[table id=20 /]

Daftar Dosen Program Studi (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga

[table id=12 /]

Kontak Kami

Fakultas Ilmu Olahraga
Universitas Negeri Jakarta
Jl. Pemuda 10, Rawamangun Jakarta TImur 13220
Tel. (62-21) 4893534 Fax. (62-21) 4893534