(S1) Kepelatihan Kecabangan Olahraga

PROGRAM STUDI (S1) KEPELATIHAN KECABANGAN OLAHRAGA

Gelar Lulusan Sarjana Olahraga (S.Or)

Visi

Menghasilkan pelatih olahraga yang profesional, berkarakter, berahlak mulia dan mampu bersaing di kawasan Asia.

Misi

  1. Mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan pembinaan kegiatan di bidang pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan pelatih yang profesional
  2. Mengembangkan keilmuan di bidang ilmu kepelatihan olahraga melalui penelitian unuk menghasilkan karya ilmiah dan temuan-temuan bermutu, bermakna dan dapat menjadi acuan para pemerhati olahraga.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menumbuh kembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap sivitas akademika, dilandasi dengan bidang keilmuan yang ditekuninya.
  4. Meningkatkan kerjasama berbasis kemitraan dengan induk organisasi olahraga, klub olahraga dan swasta di bidang olahraga dalam mengembangkan tenaga pelatih.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Olahraga ahli Kepelatihan Olahraga yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan Ilmu kepelatihan olahraga, menguasai konsep dan dasar-dasar teori Ilmu kepelatihan olahraga dan ilmu pendukungnya, serta proaktif dalam membangun Bangsa dan Negara di bidang kepelatihan
  2. Meningkatkan kualitas kompetensi lulusan Program Studi Kepelatihan Kecabangan  Olahraga agar siap menghadapi persaingan pasar kerja melalui peningkatan kualitas proses belajar mengajar dengan target IP minimal 3,00.
  3. Meningkatkan kualitas penelitian dasar dan terapan, baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga dengan basis ilmu keolahragaan kontemporer dengan gelar minimal magister (S-2) bagi seluruh dosen.
  4. Meningkatkan kompetensi dan produktivitas dosen sehingga mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan penelitian minimal 5 (lima) judul pertahun.
  5. Pengembangan kualitas laboratorium kepelatihan olahraga sebagai pusat pendidikan, penelitian dan layanan pada masyarakat dibidang ilmu kepelatihan olahraga dengan melakukan kerjasama dengan organisasi, instansi dan stakeholder
  6. Meningkatkan prestasi olahraga mahasiswa di tingkat Regional, Nasional maupun Internasional dengan melibatkan atlet mahasiswa dalam single event olahraga maupun multi event olahraga mulai dari tingkat Regional, Nasional, dan Internasional.
  7. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berwirausaha sebagai jawaban nyata terhadap kurangnya lapangan pekerjaan melalui program kerja usaha olahraga mandiri.
  8. Mengembangkan sertifikasi kompetensi di bidang kepelatihan olahraga tingkat regional, nasional maupun internasional.

Profil Lulusan

[table id=23 /]

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu melakukan identifikasi dan seleksi bakat calon atlet dengan akurat, sehingga pada masa yang akan datang Indonesia memiliki bibit atlet yang handal sesuat dengan kecabangannya.
  2. Mampu menyusun program latihan yang didukung oleh IPTEK pada proses pelaksanaan latihan.
  3. Mampu melatih atlet dengan baik untuk mencapai prestasi tertinggi dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan kepelatihan olahraga
  4. Mampu menganalisis teknik-teknik olahraga yang atlet lakukan pada  masing-masing cabang olahraga dengan menggunakan software
  5. Mampu mengevaluasi program latihan yang telah dilaksanakan berdasarkan pengetahuan dan teknologi kepelatihan olahraga.
  6. Mampu menyelenggarakan suatu event olahraga yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.
  7. Mampu mengembangkan diri melalui kewirausahaan di bidang olahraga
  8. Mampu melakuan pemulihan kondisi fisik terhadap atlet

    Akreditasi Program Studi

    Kurikulum Program Studi (S1) Kepelatihan Kecabangan Olahraga

    [table id=24 /]

    Daftar Dosen Program Studi (S1) Kepelatihan Kecabangan Olahraga

    [table id=15 /]

    Kontak Kami

    Fakultas Ilmu Olahraga
    Universitas Negeri Jakarta
    Jl. Pemuda 10, Rawamangun Jakarta TImur 13220
    Tel. (62-21) 4893534 Fax. (62-21) 4893534