PROGRAM STUDI (S1) OLAHRAGA REKREASI

Gelar Lulusan Sarjana Olahraga (S.Or)

Visi, Misi & Tujuan

Visi

Menghasilkan sarjana olahraga rekreasi yang beriman, terampil, kreatif dan profesional dengan keahlian manajerial berbudaya kewirausahaan yang unggul dan kompetitif di Kawasan Asia pada Tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran bermutu yang didukung dengan imtak dan iptek yang berjiwa dan berbudaya kewirausahaan.

  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sejalan dengan perkembangan olahraga rekreasi dan teknologi kebaruan.

  3. Menciptakan kemandirian, keterampilan, kreatifitas dan kewirausahaan melalui berbagai program akademik dan non-akademik berkelanjutan.

  4. Menghasilkan lulusan yang bersikap mental dan berkarakter yang kompetitif, unggul dan tangguh dalam era globalisasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana Olahraga Rekreasi yang mandiri, kreatif, terampil, unggul, tangguh dan kompetitif di bidang olahraga rekreasi air, darat dan udara yang beriman dan bertaqwa dengan jiwa dan budaya entrepreneurship sesuai dengan harapan dan kebutuhan para stakeholder, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

  2. Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu, sesuai dengan standar ilmu keolahragaan dan teknologi, informasi dan komunikasi melalui berbagai kegiatan ilmiah, baik secara manajerial maupun aplikatif.

  3. Memberikan layanan kepada masyarakat secara maksimal dengan cara mengaplikasikan bidang Olahraga Rekreasi sesuai dengan kebutuhan.

  4. Memiliki dan menjalankan kerja sama yang saling menguntungkan dengan institusi mitra, baik dari dalam maupun luar negeri khususnya yang terkait dengan pengembangan Program Studi Olahraga Rekreasi.

  5. Menghasilkan Sarjana lulusan Program Studi Olahraga Rekreasi yang memiliki sikap mental yang kompetitif, unggul, tangguh dalam era persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan pasar bebas (globalisasi).

  6. Menghasilkan Sarjana lulusan Program Studi Olahraga Rekreasi di bidang olahraga rekreasi air, darat dan udara yang mampu dan terampil dalam menjalin dan mengembangkan berbagai kerja sama yang saling menguntungkan dengan sejumlah institusi dan organisasi terkait, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri

Profil Lulusan

  • Manager Tempat Wisata
    Pengelola pusat-pusat dan taman rekreasi masyarakat.
  • Sport Event Coordinator / Sport Event Organizer
    Memiliki kemampuan melakukan berbagai kegiatan olahraga rekreasi.
  • Instruktur
    Melakukan bimbingan dan pelatihan kegiatan olahraga rekreasi.
  • Tenaga Pemasaran Rekreasi
    Melakukan usaha pemasaran dan menyebarluaskan kegiatan olahraga rekreasi.
  • Konsultan Bidang Rekreasi
    Pemahaman dan penguasaan tentang fasilitas-fasilitas, sarana dan prasarana olahraga rekreasi.
  • Tour Guide / Pemandu Wisata
    Sebagai pemandu, pendamping, dan penyuluh kegiatan olahraga rekreasi.

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Olahraga
  12. Beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
  13. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuiensinya apabila melakukan plagiarism
  14. Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam lingkungan kerja dan kehidupan masyarakat
  15. Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik
  16. Menjadi pembelajar sepanjang hayat (life long learners)

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tangung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis
  10. Mampu mengintegrasikan kecakapan (a) belajar dan berinovasi (learning and innovation skills), (b) penguasaan informasi, media, dan teknologi (information, media and technology skills), dan (c) pengembangan karier dan kecakapan hidup (life and career skills)
  11. Mampu menunjukkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, dan demokratis

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merancang program olahraga tradisional, olahraga rekreasi dan olahraga masyarakat melalui kajian ilmiah dan penerapan ilmu pengetahuan.

  2. Menguasai manajemen olahraga rekreasi untuk pengembangan olahraga masyarakat dengan berbagai aktivitas fisik menyenangkan untuk mendukung gaya hidup sehat dan gembira.

  3. Mampu memberikan pelayanan jasa konsultasi sesuai keahlian, misalnya dalam bidang olahraga rekreasi secara umum olahraga masyarakat secara khusus untuk meningkatkan derajat kebugaran masyarakat berbasis rekreasi.

  4. Mampu melakukan kajian-kajian ilmiah terhadap permasalahan olahraga rekreasi secara mendalam, jujur dan cerdas yang didukung dengan analisis dan pengetahuan terhadap ruang lingkup rekreasi.

  5. Mampu menyelenggarakan kegiatan rekreasi yang meliputi olahraga tradisional dan olahraga masyarakat secara profesional, mandiri dan inovatif dengan didukung oleh kesehatan, olahraga masyarakat dengan didukung kemampuan manajemen keolahragaan.

  6. Mampu mengaplikasikan pengetahuan rekreasi dalam berbagai bidang secara mandiri dan bertanggung jawab, terutama di bidang olahraga tradisional dan olahraga masyarakat tanpa mengesampingkan keilmuan olahraga lainnya.

PENGETAHUAN

    1. Menguasai konsep, teori, implementasi ilmu keolahragaan yang ditekankan pada penguasaan bidang olahraga tradisional. olahraga rekreasi dan olahraga masyarakat dalam pengembangan olahraga pada umumnya.
    2. Mampu melakukan kajian-kajian ilmiah terhadap permasalahan olahraga rekreasi secara mendalam, jujur dan cerdas yang didukung dengan analisis dan penguasaan terhadap ruang lingkup rekreasi.
    3. Memiliki kemampuan berfikir kritis dan visioner dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu keolahragaan berbasis rekreasi sebagai bentuk tanggung jawab keilmuan kepada masyarakat.
      Mengaplikasikan media Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kajian-kajian keilmuan yang berorientasikan kegiatan rekreasi.

Akreditasi Program Studi

Daftar Dosen Program Studi (S1) Olahraga Rekreasi

NoNAMA DOSENNIPNIDN/NIDKSTATUS DOSEN
1Prof. Dr. Abdul Sukur, S.Pd, M.Si19691130 200003 1 0010030116904TETAP/PNS
2Prof. Dr. Nofi Marlina Siregar, S.Pd, M.Pd19770128 200501 2 0020028017701TETAP/PNS
3Abdul Kholik, S.Pd, M.Pd19751228 200501 1 0010028127503TETAP/PNS
4Hartman Nugraha, S.Pd, M.Pd19740909 200312 1 0010009097403TETAP/PNS
5Dr. Drs. Zulham, M.Si19720302 200501 1 0020002037204TETAP/PNS
6Dr. Aan Wasan, S.Sos, M.Si19711219 200501 1 0010019127103TETAP/PNS
7Dr. Sri Nuraini, M.Pd19670730 199303 2 0010030076706TETAP/PNS
8Dra. Aryati, M.Pd8973710021DPK
9Masnur Ali, M.Pd19920901 201903 1 0000401099201TETAP/PNS
10Dr. Fajar Vidya Hartono, S.Pd, M.Pd19841127 201012 1 0040127118403TETAP/PNS
11Muhamad Arif, S.Pd., M.Pd0023028304TETAP/BLU
12Drs. Iwan Barata, M.Pd19680309 200112 1 0010009036805TETAP/PNS

Kurikulum Program Studi (S1) Olahraga Rekreasi

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)